Tuesday, March 24, 2015

AMD Siap Untuk Generasi DirectX 12 API - Fitur terbaru

Hallo temen-tmen... kali ini Prim, mau share tentang AMD nih, dan yg paling baru, yup.. kali ini saya akan memberitahukan fitur-fitur AMD dari DirectX 12, DirectX12 adalah versi terbaru setelah dx11 yg sudah berumur 7tahun.. ok back to topic.

Saat ini Microsoft belum meluncurkan generasi berikutnya DirectX 12 API mereka, dan akan diluncurkan bersamaan dengan windows 10. Dan AMD telah mempersiapkan kartu grafis mereka yang akan mendukung DX12, Untuk smua GCN core pada GPU AMD akan support DX12 diantaranya yaitu Radeon HD 7000, seri Radeon R200.. so, untuk pengguna HD 6000, sorry yah. wkkww, anda kurang beruntung.

Dan AMD telah mempersiapkan beberapa slide tentang bagaimana arsitektur grafis mereka akan mendukung API baru ini, dan slide ini sudah diupload ke slideshare.net berikut link nya Persentasi AMD. Seperti yang diharapkan, DirectX 12 API  tidak hanya untuk pengguna PC tetapi untuk para Developer juga yang memungkinkan mereka untuk memanfaatkan PC hardware (terutama GPU dan CPU). Hal ini  menyebabkan tidak hanya untuk stabilitas yang lebih baik dan kinerja, tetapi juga optimasi permainan yang lebih baik, proses pembangunan jauh lebih halus dan memberikan efek yang lebih visual meningkatkan.

Ok, di slide yang telah AMD berikan, mari kita melihat keadaan prosesor AMD FX series jika menggunakan DX12
AMD FX ini mempunyai banyak inti core, jadi diaplikasi multi-core, AMD FX unggul dari pesaingnya tapi lain hal jika aplikasi yang menggunakan single core.

Dengan DirectX 12 API, peningkatan pada AMD FX:

  • Lebih baik menggunakan CPU multi-core
  • Lebih di layar detil
  • Tinggi Min / Max / Rata-rata framerates
  • Gameplay halus
  • Lebih efisien penggunaan hardware GPU
  • Mengurangi menarik listrik Sistem
  • Memungkinkan untuk permainan baru desain sebelumnya dianggap mustahil karena pembatasan oleh API tua

Dengan DirectX 12, AMD memiliki tiga fitur  untuk memasukkan dalam perangkat keras mereka. Yang pertama adalah multi-threaded command buffer recording, dengan command buffer  menjadi daftar perintah yang dikeluarkan untuk CPU untuk mengeksekusi saat menjalankan permainan seperti Lighting, Efek dan akan digunakan untuk meningkatkan kinerja CPU multi-core. Hal ini memungkinkan lebih tinggi FPS keuntungan dengan memanfaatkan beberapa CPU core dan memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dengan core GPU secara bersamaan. Hal ini juga memungkinkan penggunaan CPU yang lebih baik dan memberikan kinerja yang lebih baik per watt karena sebelumnya. Teknologi ini akan memungkinkan CPU untuk tidak bottleneck maka sebagian besar kinerja akan ditentukan oleh GPU karena CPU akan dimanfaatkan dengan baik.


Sebuah grafik yang dibuat oleh AMD menggambarkan bagaimana API yang akan berjalan di CPU. Pada DirectX 11, sebagian besar pekerjaan ditangani oleh satu core yang diwakili oleh "Core 1". Core ini memproses semua tugas saat dikeluarkan untuk itu sebagian dari bottleneck ini disebabkan oleh pekerjaan DirectX yang membutuhkan lebih banyak waktu daripada game itu sendiri.Pada saat yang sama, core lainnya bejalan dengan baik tetapi beberapa core tidak terpakai sementara CPU membutuhkan core lebih untuk menangani sebuah game terutama yang memiliki map besar seperti Watch Dogs. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan beban kerja pada DirectX 11 adalah 29ms atau 34 FPS.
Tetapi berbeda dengan DirectX 12  semua core CPU digunakan di semua core dari prosesor 8 core. Pekerjaan DirectX berkurang secara signifikan yang memungkinkan Game untuk cepat menghasilkan kepada user hanya 15ms atau 66 FPS dibandingkan dengan 29ms atau 34 FPS dengan DirectX 11. Teknologi ini juga memungkinkan CPU untuk memberikan draw calls lebih tinggi dari sebelumnya dengan AMD A10 -7850K memberikan 2.739.266 draw calls di 84W dibandingkan dengan 521.221 draw calls di 91W.


Berikutnya adalah GPU, fitur yang diberikan DX12 kepada AMG GPU. Fitur berikutnya dari AMD adalah Fine-Grain Asynchronous Compute Scheduling dan Execution yang akan memberikan tiga janji, higher FPS, Greater VR Support dan better image quality. Untuk mendapatkan FPS yang lebih tinggi, DirectX 12 akan bergeser dari beberapa complex serial workloads ke beberapa parallel workloads, dengan cara memungkinkan  lebih baik di beberapa execution  dari pada execution satu arah. Selain itu, jika ada kerja tambahan,  dan GPU sedang nganggur akan dipaksa tugas untuk bekerja, yang menghasilkan proses cepat yang akan memberikan kinerja yang lebih baik melalui perbaikan multi-threading di sisi GPU. Ini juga berarti bahwa GPU akan memungkinkan latency rendah pada headset virtual reality dan membuat mereka lebih responsif. Efek seperti Physics, Lightning dan memori memanfaatkan sumber daya yang berbeda GPU tapi execution serial saja, jalan paralel pada DirectX 12 memungkinkan total waktu render harus dikurangi untuk memberikan latency rendah dan FPS yang lebih tinggi.
Perbedaan Pipeline Behavior di DX11 dan DX12



Dan AMD akan mengumumkan seri GPU terbarunya yaitu R9 300. Yup kita tunggu saja, Pergabungan antara AMD FX dan Redeon R9 300 series yg memberikan fitur dan peforma lebih oleh DX12,,

Ok, segini dlu yah perjumpaan kita, nanti akan sy update tentang informasi AMD.
And... See you next time! :D

No comments:

Post a Comment